Apa kesan kalian tentang Blog saya???

Jumat, 12 Oktober 2012

Rutin Latihan Fisik Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

| |





Semua orang pasti tahu manfaat latihan fisik yang sangat baik untuk membentuk tubuh ideal dan mengurangi risiko penyakit kronis. Namun ternyata, manfaat latihan fisik tidak hanya sekadar itu saja tapi juga meningkatkan fungsi otak. Berikut adalah manfaat latihan fisik bagi otak seperti yang dilansir dari Huffington Post.

1. Mempertajam Otak
Awal tahun ini, para peneliti dari Dartmouth membuktikan bahwa latihan fisik mendukung proses pembelajaran dan ketajaman pikiran. Latihan fisik menaikkan produksi BDNF (brain derived neurotrophic factor) yaitu protein yang diperkirakan bermanfaat untuk mempertajam pikiran dan ingatan.

2. Mengurangi Gejala ADHD pada Anak
Dalam penelitian yang sama, para peneliti juga menemukan bahwa kenaikan BDNF juga membantu meringankan gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). ADHD adalah gangguan perkembangan motorik pada anak-anak yang mengakibatkan anak menjadi tidak bisa tenang dan terlalu banyak bergerak.

3. Membantu Anda Mempelajari Hal Baru
Sedikit latihan fisik dapat membantu Anda mempertahankan keterampilan fisik karena meningkatnya memori otot yang kadang disebut juga sebagai memori motor. Seperti dilaporkan New York Times, pria yang kesehariannya belajar pola rumit pada komputer dapat mengigat lebih baik keesokan harinya setelah melakukan latihan fisik.

4. Membantu Otak Berpikir untuk Menyelesaikan Masalah
Dalam sebuah penelitian, tikus dites dengan berlari mengelilingi area yang rumit. Hasilnya, tikus yang berlari lebih banyak menghasilkan sel syaraf baru yang membantu tikus dalam menghadapi lingkungan baru yang tidak dikenalnya.

5. Membantu Mengurangi Gejala Depresi
Saat melakukan latihan fisik, kelenjar di bawah otak menghasilkan hormon endorfin yang membantu mengurangi rasa stres. Selain itu, endorfin juga berperan jangka panjang untuk mengurangi gejala depresi seperti laporan dari Mayo Clinic.

6. Memperlambat Hilangnya Ingatan karena Usia
Semakin bertambahnya usia, area di otak bernama hipokampus semakin menyusut sehingga mengakibatkan hilangnya ingatan. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan latihan fisik yang menghasilkan sel saraf baru yang dapat tumbuh di area hipotalamus.

0 komentar:

go-top

Posting Komentar

 
 

♥ My Diary ♥ | Diseñado por: Compartidísimo
Con imágenes de: Scrappingmar©

 
top